Minggu, 01 Mei 2016

Materi pemasaran online

iklan online

1. konsep iklan online
iklan online adalah metoe periklanan dengan menggunakan meida internet dan layanannya,misalkan web (World Wide Web) dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran (promosi) agar pelanggan tertarik dan membeli produk yang ditawarkan.

Tujuan iklan online dan offline/ tradisional yaitu :
a. menginformasikan konsumen tentang merek-merek baru,mendidik tentang berbagai fitur dan manfaat merek,serta menfasilitasi penciptaan citra merek yang positif.
b. membangun kesadaran (awareness) merek
c. Menjangkau pelanggan baru dan menciptakan permintaan konsumen
d. mempersuasi (membujuk ) konsumen untuk mencoba produk dan jasa yang diiklankan.
e. Membangun loyalitas konsumen.

Alasan iklan online dipilih sebagai media promosi,yaitu :
a. Tidak ada tanggal kadaluwarsa
b. Lead time
c. Kualitas paparan
d. Kebebasan
e. Jangkauan
f. Biaya

Kendala-kendala iklan online :
a. Pop up blocker'
b. Ad blocker
c. Kecepatan koneksi
d. Layar

2. Jenis-jenis iklan online 
             a. iklan teks            
contoh,
  1. iklan link jenis iklan ini, lebih ditekankan ke penulisan alamat link iklan dan keterangan singkat dari iklan itu sendiri,dalam membuat link usahakan ditulis sependek mungkin,akan tetapi harus mewakili keseluruhan isi iklan.
contoh :
a)iklan baris.
b)iklan teks PPC
c)Pertukaran link dengan pemilik web lain.
d)iklan banner (yang berisi link iklan).
2. Iklan Kontekstual (contextual ads)
iklan ini ditampilkan di halaman web dengan target individu tertentu.
3. Iklan hasil pencarian (search ads / pay per click ads)
Iklan ini ditampilkan pada halaman web hasl pencarian dan jaringannya.
4. Iklan direktori online ( online directories)
Iklan ini ditampilkan pada suatu direktori tertentu.
5. Iklan daftar lokal (Local Listings) atau SEO (Search Engine Optimizing) 
Jenis iklan ini gratis dan diperuntukkan untuk bisnis lokal.
6. Iklan Konten (Content Ads )
Iklan konten ditampilkan pada halaman website,berupa teks link yang sesuai dengan aturan penyedia iklan konten.
             b. iklan display 
jenis iklan display :
1) Interstitial banners
2) Pop up dan pop under
3)Floating advert
4) Wallpaper advertising
5)Map advertising
6) Iklan banner
7)video online advertising banner
8) Iklan Media Sosial
             c. Iklan rich media (multimedia)
ada banyak jenis iklan ini diantaranya :
1) peel-back
2) floating
3) expanding
4) Interstitial
5)video
6) popup/popunder. 3. Mendistribusikan iklan 
Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk memasarkan iklan online secara gratis yaitu :
a)Mencari penyedia iklan online gratis. 
contoh penyedia iklan gratis :
1. www.bandungspace.com
2. www.bandung.olx.co.id
3. www.berniaga.com
4.www.tokobagus.com

b) Membuat konten yang berkualitas dan dicari banyak orang setelah itu lakukan :
1. submit artikel ke distributor konten atau artikel direktori
2. Bergabung pada sebuah grup seperti Google group atau Yahoo groups atau ikut berpartisipasi dan menggunakan yahoo answer.
3. membuat akun di sosial media
4. Menggunakan Social Bookmark
5. Buat channel (user) dan video tentang produk beserta reviewnya seperti diyoutube.
6. Bergabung atau berkomentar di forum-forum.
7. Melakukan blogwalking sesuai artikel yang relevan

Ada beberapa penyedia iklan yang menawarkan jasanya di internet diantaranya adalah : 
1. Ad Networks
2. Rep Ad Agencies
3. RSS Advert
4. Sponsorship
5. Jaringan dan Bursa Iklan
6. Bergabung dengan group buying
7. Memanfaatkan pemasaran afiliasi
8. Menyewa space iklan banner berdasarkan demografis dan katagori.
4. Model Pembayaran Iklan Online 
Berikut adalah beberapa bentuk dan sistem pembayaran iklan Online :
a) Pay Per Impression
b) Pay Per Click
c) Pay Per Action
d) Pay Per Sale
e) Pay Per Lead
f) Pay Per Download
g) Pay Per Play
h) Pay Per Read
i) Pay Per Interaction
j) Flat Rate atau Sponsorship

Tidak ada komentar:

Posting Komentar